Friday, February 3, 2017

Contoh AHP Manajemen Keuangan 1 dan 2 UMM Pak Warsono

Contoh Tugas AHP Manajemen Keuangan 1 dan 2 UMM Pak Warsono (sudah acc)

PENERAPAN ANALISIS RASIO DALAM PENILAIAN KINERJA

KEUANGAN PERUSAHAAN

Abdul Aziz

Universitas Muhammadiyah Malang

ABSTRAK 


Laporan keuangan merupakan hasil pengumpulan dan pengolahan data keuangan yang sangat berperan dalam membantu para pemakai baik itu para investor dan para pelaku pasar modal lainnya dalam menilai kinerja perusahaan, laporan keuangan di analisis untuk mengetahui apa dari arti angka-angka yang tercantum dalam laporan keuangan tersebut sehingga dapat bermanfaat bagi pemakainya. selain itu dalam menganalisis keuangan perusahaan dari tahun ketahun dan analisis perusahan tersebut dapat di gunakan untuk menilai kinerja keuangan perusahaan. Berdasarkan uraian di atas penulis menyusun karya tulis dengan berjudul PENERAPAN ANALISIS RASIO DALAM PENILAIAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN Pengertian rasio keuangan itu sendiri adalah angka yang di peroleh dari hasil perbandingan dari satu ps laporan keuangan dengan pos lainnya yang mempunyai hubungan yang relavan dan signifikan (berarti) misalnya antara hutang dan modal, antra kas dan total aset, antra harga pokok produksi dengan total penjualan dan sebagainya, teknik ini sangat lazim digunakan para analisis keuangan. rasio keuangan sangat penting dalam melakukan analisis terhadap kondisi keuangan perusahaan. 
ABSTRACT 
The financial statements are the result of the collection and processing of financial data that was instrumental in helping the users of both the investors and other capital market participants in assessing the performance of the company, the financial statements in the analysis to find out what the meaning of the figures contained in the financial statements that can benefit the wearer. other than that in analyzing the financial company from year to year and the company analysis can be used to assess the financial performance of the company. Based on the above authors preparing papers with the title APPLICATION PERFORMANCE ASSESSMENT RATIO ANALYSIS OF FINANCIAL COMPANY Understanding financial ratios itself is a number that was obtained from the comparison of the financial statements ps post with links that are relevant and significant (mean ) for example between debt and equity, as between cash and total assets, as between the cost of production with total sales and so on, this technique is very commonly used by financial analysis. Financial ratios are very important in the analysis of the financial condition of the company.
Keywords : Financial Statements, Liquidity, Ratio Analysis

PENDAHULIAN
Berkembangnya dunia usaha yang di tandai dengan di bukanya pasar bebas, membuat setiap pelaku bisnis harus semakin cermat dalam menyikapinya. Hal ini juga mencakup dalam proses pengambilan keputusan yang sangat menentukan kelangsungan hidup perusahaan di masa yang akan datang Ada tiga keputusan penting yang harus senantiasa di ambil oleh setiap perusahaan. ketiga perusahaan tersebut sebagai pertama keputusan investasi (investing), keputusan pendanaan, (financing), keputusan operasional (Operating), hasil dari ketiga keputusan tersebut di cerminkan pada laporan keuangan utama yang di hasilkan oleh perusahaan, yaitu neraca dan laba rugi.

Neraca, sebagai laporan keuangan yang menggambarkan posisi keuangan perusahaan pada posisi tertentu, terdiri atas aktiva dan passiva. Aktiva mencerminkan hasil kepututsan yang meliputi jenis, kegunaan dan besarnya investasi, seangkan pasiva mencerminkan hasil keputusan pendanaan, yang meliputi pula jenis, kegunaan dan besarnya masing-masing sumber dana.perhitungan laba rugi, sebagai laporan keuangan yang menggambarkan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba selama periode tertentu terdiri Rasio merupakan teknik analisis laporan keuangan yang paling banyak di gunakan, rasio ini merupakan alat analisis yang dapat memberikan jalan keluar dan menggambarkan simptom (gejala-gejala yang tampak) dari suatu keadaan. jika diterjemahkan secara tepat, rasio juga dapat menunjukan area-area yang memerlukan penelitian dan penanganan yag lebih mendalam. Analisis Rasio dapat menyingkap hubungan dan sekaligus menjadi dasar pembandingan yang menunjukan kondisi atau kecendrungan yang tidak dapat di deteksi bila kita hanya melihat komponen-komponen rasio itu sendiriri.

Dalam hubungna dengan keputusan yang di ambil oleh perusahaan, analisis rasio ini bertujuan untuk menilai efektifitas keputusan yang telah di ambil oleh perusahaan dalam rangka menjalankan aktifitas usahanya. Untuk dapat menilai effektifitas ketiga keputusan tersebut, yang pada akhirnya dapat memperoleh informasi mengenai kekuatan dan kelemahan perusahaan, maka analisis laporan keuangan perlu di arahkan pada lima area analisis sebagai berikut: 1. Likuiditas 2. solvabilitas, 3. Return of Investment, 4. pemanfaatan aktiva, 5. Kinerja operasi yang mengukur efisiensi operasi perusahaan

TUJUAN
Menurut Kasmir (2011), tujuan dari analisis laporan keuangan adalah: 1. Untuk mengetahui posisi keuangan perusahaan dalam satu periode tertentu, baik aset, kewajiban, ekuitas, maupun hasil usaha yang telah dicapai untuk beberapa periode. 2. Untuk mengetahui kelemahan-kelemahan apa saja yang menjadi kekurangan perusahaan. 3. Untuk mengetahui kekuatan-kekuatan yang dimiliki. 4. Untuk mengetahui langkah-langkah perbaikan apa saja yang perlu dilakukan ke depan berkaitan dengan posisi keuangan perusahaan saat ini. 5. Untuk melakukan penilaian kinerja manajemen ke depan apakah perlu penyegaran atau tidak karena sudah dianggap berhasil atau gagal. 6. Dapat juga digunakan sebagai pembanding dengan perusahaan sejenis tentang hasil yang mereka capai.

Menurut Munawir (2010), tujuan analisis laporan keuangan merupakan alat yang sangat penting untuk memperoleh informasi sehubungan dengan posisi keuangan dan hasil-hasil yang telah dicapai perusahaan yang bersangkutan. Data keuangan tersebut akan lebih berarti bagi pihak-pihak yang berkepentingan apabila data tersebut diperbandingkan untuk dua periode atau lebih, dan dianalisa lebih lanjut sehingga akan dapat diperoleh data yang akan dapat mendukung keputusan yang akan diambil....

Download Data Lengkapnya Di Link Ya AHP Manajemen Keuangan 1 dan 2 UMM Pak Warsono 

Semoga bermanfaat ya guys, jangan sering sering bolos kuliahnya ya :D

Contoh AHP Manajemen Keuangan 1 dan 2 UMM Pak Warsono Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abdul aziz

 

Top