Thursday, February 16, 2017

Contoh Tugas Analilis Perilaku Organisasi Dalam Perusahaan

Tugas Analilis Perilaku Organisasi Dalam Perusahaan 
Suasana Hati Sebagai Afek Positif & Negatif Dan Beberapa Aspek Emosi
Pada Rumah Makan Assalamualaikum

Kelas C4 Manajemen
Bila emosi dikategorikan menjadi dua kelompok positif dan negatif, maka akan menjadi keadaan suasana hati karna sekarang emosi dipandang secara lebih umum dan bukan mengisolasi satu emosi tertentu. Begitu pula yang terjadi dalam pembahasan permasalahan di dalam dampak emaosi positif dan negatif yang terjadi pada perusahaan rumah makan Assalamualaikum yang mengakibatkan sebagian karyawan mengalami emosi-emosi positif seperti kesenangan, ketenangan diri dan kegembiraan pada ujung tinggi dan kebosanan, kemealasan dan kelelahan pada ujung rendah. Dan dampak afek negatifnya mengakibatkan sebuah dimensi suasana hati yang terdiri atas kegugupan, stress, dan kegelisahan pada ujung tinggi, serta relaksasi, ketenangan dan keseimbangan pada ujung rendah. 
Keyword: Emosion and Moods

Contoh Tugas Analilis Perilaku Organisasi Dalam Perusahaan


I. Hari dalam Seminggu dan Waktu dalam Sehari
Sebagian besar orang berada di tempat kerja atau sekolah pada hari Senin hingga Jumat. Dengan demikian, sebagian besar orang akan memanfaatkan akhir minggu untuk bersantai dan bersenang-senang. Berarti orang-orang berada pada suasana hati terbaik di akhir minggu seperti diperlihatkan pada Tampilan 8-3, orang-orang cenderung berada dalam suasana hati terburuk (afek negatif tertinggi dan afek positif terendah) di awal minggu dan berada dalam suasana hati terbaik (afek positif tertinggi dan afek negatif terendah) di akhir minggu.

Tetapi berbeda pada umumnya dampak emosi negatif dan positif  pada perusahaan rumah makan Assalamualaikum dalam hitungan mingguan  terhadap pengaruh emosi karyawan karena dalam seminggu para pekerja harus bekerja tanpa ada libur jauh berbeda seperti yang terjadi pada instansi-instansi pemerintah ataupun perusahaan besar yang menerapkan 8 jam kerja dalam sehari dan libur 2 hari dalam seminggu yang biasanya terjadi pada hari sabtu dan minggu yang di jelaskan pada bagian atas

Dalam waktu seminggu pihak manager perusahaan menerapkan jam kerja tambahan pada karyawan pada hari sabtu dan minggu yang mana pada umumnya jam kerja hanya 8 jam khusus untuk hari sabtu dan minggu mereka harus bekerja 9 jam dalam sehari. Hasilnya perngaruh dampak emosi yang positif akan bertambah pada hari senin dan akan berkurang pada hari sabtu dan minggu karena jam kerja di tambah yang mana kinerja dan tenaga para karyawan harus di tekan pada dua hari tersebut. 

Untuk mensiasati dari perusahaan memberikan bonus tambahan setiap karyawan yang rajin pada setiap minggunya untuk membangkitkan emosi positif para karyawan yang mengalami penurunan yang terjadi di hari sabtu dan minggu karena penambahan jam tersebut, sehingga sebagian kariyawanpun tidak merasa keberatan untuk menambah jam kerjanya di hari libur. 

Bagaimana dengan waktu dalam sehari? Kita sering menganggap bahwa orang-orang berbeda, bergantung pada apakah mereka adalah orang "pagi" atau "malam." Tetapi, mayoritas dari kita mengikuti sebuah pola yang serupa. Orang-orang biasanya berada dalam semangat yang lebih rendah pada awal pagi. Seiring hari berlanjut, suasana hati cenderung meningkat dan kemudian menurun pada malam hari. Tampilan 8-4 menunjukkan pola ini.

Menariknya, tidak peduli jam berapa orang pergi tidur pada malam hari atau bangun di pagi hari, tingkat afek positif cenderung memuncak sekitar titik tengah antara bangun tidur dan pergi tidur. Tetapi, afek negatif memperlihatkan sedikit fluktuasi di sepanjang hari."

Suasana hati para pekerja perusahaan rumah makan yang di pengaruhi oleh waktu dalam sehari tidak jauh berbada dengan perusahaan lain pada umumnya. Tidak peduli jam berapa mereka tidur dan jam berapa mereka bangun, ketika mereka bangun di pagi hari mereka harus di hadapkan dengan pekerjaan dan tanggung jawabnya, biasa pada umumnya tingkat emosi yang positif cendrung rendah pada pagi hari dan emosi positif akan meningkat pada waktu tengah antara dia bangun tidur dan menjelang tidur, akan tetapi emosi yang positif akan jauh lebih menurun dari pada pagi hari ketika menjelang tidur

Sebaliknya untuk emosi negatif puncak paling tertinggi akan terjadi pada waktu pagi hari karena di waktu pagi itu mereka di hadapkan dengan pekerjaan yang harus di jalaninya dalam waktu sehari sehingga mengakibatkan emosi negatif tertinggi terjadi di waktu pagi, dan emosi negatif ini cendrung akan stabil di waktu tengah hari sampai menjelang tidur. Ada 7 stiuasi yang mempengaruhi terhadap terjadinya peningkatan emosi positif dan negatif terhadap prilaku karyawan antara lain yaitu

Cuaca
Seorang ahli menyimpulkan, "Berlawanan dengan pandangan kultur yang ada, data ini menunjukkan bahwa orang-orang tidak melaporkan suasana hari yang lebih baik pada hari yang cerah (atau, sebaliknya, melaporkan suasana hati yang lebih buruk pada hari gelap dan hujan ).”

Stres
Seperti yang diperhatikan oleh penulis sebuah penelitian, "adanya peristiwa yang terus-menerus terjadi yang menimbulkan stres tingkat rendah sekalipun berpotensi menyebabkan para pekerja mengalami tingkat ketegangan yang semakin lama, seiring berjalannya waktu semakin meningkat."

Aktivitas Sosial.
Bagi sebagian besar orang, aktivitas sosial meningkatkan suasana hati positif dan memiliki pengaruh sedikit terhadap suasana hati negatif. Tetapi, apakah orang-orang dengan suasana hati positif mencari interaksi sosial, atau apakah interaksi sosial menyebabkan orang-orang mempunyai suasana hati yang baik? Tampaknya keduanya benar."


Tidur
Kualitas tidur memengaruhi suasana hati. Para sarjana dan pekerja dewasa yang tidak memperoleh tidur yang cukup melaporkan adanya perasaan kelelahan yang lebih besar, kemarahan, dan ketidakramahan. Satu dari alasan mengapa tidur yang lebih sedikit, atau kualitas tidur yang buruk, menempatkan orang dalam suasana hati yang buruk karena hal tersebut memperburuk pengambilan keputusan dan membuamya sulit untuk mengontrol emosi . 

Olahraga
Penelitian secara konsisten menunjukkan bahwa olahraga meningkatkan suasana hati positif. Tampaknya, terapi olahraga berpengaruh paling kuat terhadap mereka yang mengalami depresi. Walaupun olahraga berpengaruh secara konsisten terhadap suasana hati, tetapi tidak terlalu kuat kuat. Jadi, olahraga dapat membantu Anda berada dalam suasana hati yang lebih baik, tetapi jangan mengharapkan mukjizat.

Usia  
Suatu penelitian atas orang-orang yang berusia 18 hingga 94 tahun mengungkapkan bahwa emosi negatif tampaknva semakin sarang terjadi seiring bertambahnya usia seseorang. Bagi seseorang yang lebih tua, suasana hati positif yang tinggi bertahan lebih lama dan suasana hati yang buruk menghilang dengan lebih cepat. 

Gender
Dalam perbandingan antargender, wanita menunjukkan ekspresi emosional yang lebih besar dibandingkan pria ; mereka mengalami emosi secara lebih intens; dan mereka menunjukkan ekspresi emosi positif maupun negatif yang lebih sering, kecuali kemarahan . Tidak seperti pria, wanita juga menyatakan lebih nyaman dalam mengekspresikan emosi. Wanita juga mampu membaca petunjuk nonverbal dan paralinguistik secara lebih baik dibandingkan pria.

II. BEBERAPA ASPEK EMOSI
Ada beberapa aspek fundamental dari emosi yang harus kita pertimbangkan, meliputi biologi emosi, intensitas emosi, frekuensi dan durasi emosi, keterkaitan antara rasionalitas dan emosi, dan fungsi emosi.

Biologi emosi
Semua emosi berasal dari sistem limbik otak, yang kira –kira berukuran sebesar sebuah kacang walnut dan terletak dekat batang otak kita. Ketika orang bahagia maka sistem limbik mereka secara relatif tidak aktif. Tapi ketika sistem limbik “memanas” emosi – emosi negatif seperti rasa marah dan bersalah mendominasi emosi – emosi yang positif seperti kegembiraan dan kebahagiaan...............

Contoh Tugas Analilis Perilaku Organisasi Dalam Perusahaan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abdul aziz

 

Top