Thursday, February 16, 2017

Makalah Prilaku Organisasi Emosi Dan Mood (Suasana Hati)


BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Adanya keyakinan bahwa segala jenis emosi bersifat mengganggu.Mereka beranggapan bahwa emosi negative yang kuat khususnya kemarahan, dapat mengganggu kemampuan karyawan untuk bekerja secara efektif. Mereka jarang memandang emosi dapat bersifat konstruktif, atau mampu meningkatkan kinerja.  

Tentu saja beberapa emosi, khususnya ketika diekspresikan pada waktu yang salah dapat mengurangi kinerja karyawan. Tetapi ini tidak mengubah fakta bahwa karyawan membawa sisa-sisa emosional ke tempat kerja setiap hari

Apabila seorang manajer akan melakukan observasi dan analisis tentang perilaku individu, dan performanya, maka perlu diperhatikannya tiga kelompok variable yang secara langsung mempengaruhi perilaku individual, atau apa yang dilakukan seorang karyawan. Adapun tiga kelompok variable yang dimaksud yaitu:

1. individual
2. pisikologikal
3. keorganisasian

Didalam setiap kelompok terdapat pula sejumlah subkelompok.Sebagai contoh misalnya dapat dikemukakan bahwa variabl-variabel individual mencakup variable-variabel kemampuan dan keterampilan, variable-variabel latar belakang, dan variable-variabel demografik.

Perilaku biasanya berorientasi pada tujuan. Dengan kata lain, perilaku kita pada umumnya dimotivasi oleh suatu keinginan untuk mencapai tujuan tertentu. Tujuan spesifik tersebut tidak selalu diketahui secara sadar oleh individu yang bersangkutan.

Perilaku Individu adalah sebagai suatu fungsi dari interaksi antar individu (karyawan) dengan lingkungannya.Sehingga dalam memotivasi karyawan kita perlu mengetahui lebih lanjut bagaimanakah kondisi emosi dan  suasana hati karyawan tersebut. Karena emosi merupakan faktorpenting dalam perilaku individu.

Tentu saja beberapa emosi, khususnya bila ditampilkan pada saat yang salah, dapat mengurangi kinerja karyawan.Namun, ini tidak mengubah realitas bahhwa karyawan membawa serta satu komponen emosi bersama dengan mereka ke tempat kerja setiap hari.

Makalah Prilaku Organisasi Emosi Dan Mood (Suasana Hati) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abdul aziz

 

Top