Wednesday, February 15, 2017

Teori dan Perilaku Konsumen "Ekonomi Manajerial"

Makalah Teori dan Perilaku Konsumen "Ekonomi Manajerial(Ekmen)"
Teori konsumen digunakan untuk menjelaskan & meramalkan produk-produk yang akan dipilih oleh konsumen (rumah tangga) pada tingkat pendapatan & harga tertentu. Teori ini juga digunakan untuk mendapatkan kurva permintaan. Pendekatan yang digunakan dalam menganalisis penentuan pilihan konsumen ada 3, yaitu :


1 Pendekatan Utilitas, menganggap bahwa kepuasan konsumen yang diperoleh dari pengkonsumsian barang-barang & jasa dapat diukur dengan cara yang sama; seperti untuk berat atau tinggi badan seseorang → pendekatan kardinal. Ex : seseorang yang mempunyai berat 100 kg bisa dikatakan mempunyai berat 2x lebih berat dibanding orang yang mempunyai berat 50 kg. Demikian pula halnya dengan tingkat kepuasan (utility), misal ; tingkat utilitas sebesar 200 dikatakan 2x lebih besar daripada 100.

2 Pendekatan Kurva Indeferens menganggap bahwa tingkat kepuasan atau utilitas yang diperoleh konsumen dari pengkonsumsian barang-barang & jasa hanya bisa dihitung dengan pengukuran ordinal. Ex : tingkat kecerdasan seseorang (IQ); si Amat dengan tingkat IQ 150 lebih cerdas dari si Amin dengan IQ 75. Tetapi tidak benar jika kita mengatakan si Amat adalah 2x lebih cerdas dari si Amin. Menurut pendekatan ordinal ini, dapat mengatakan bahwa tingkat utilitas sebesar 300 adalah lebih besar daripada tingkat utilitas sebesar 150, tetapi kita tidak dapat mengatakan bahwa utilitas tsb 2x lebih besar.

3 Pendekatan Atribut merupakan pendekatan yang relatif baru & menganggap bahwa yang diperhatikan konsumen bukanlah produk secara fisik, tetapi atribut yang terkandung di dalam produk tsb. Atribut Suatu Barang adalah semua jasa yang dihasilkan dari penggunaan & atau pemilikan barang tsb. Atribut sebuah mobil antara lain meliputi jasa pengangkutan, prestis, privacy, keamanan dsb.

Asumsi-asumsi yang digunakan yaitu :

1 Tingkat utilitas total yang dicapai seorang konsumen merupakan fungsi dari kuantitas berbagai barang yang dikonsumsinya :

Utilitas = U (barang X, barang Y, barang Z .........)

2 Konsumen akan memaksimumkan utilitasnya dengan tunduk kepada kendala anggarannya.
3 Utilitas dapat diukur secara kardinal
4 Marginal Utility (MU) dari setiap unit tambahan barang yang dikonsumsi akan menurun. MU adalah perubahan Total Utility (TU) yang disebabkan oleh tambahan 1 unit barang yang dikonsumsi (ceteris paribus)

Teori dan Perilaku Konsumen "Ekonomi Manajerial" Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abdul aziz

 

Top